Semiloka Review Program Nangkis di Provinsi Jawa Barat

Dari tanggal 24 sd 25 Mei 2011 Konsultan Manajemen Wilayah (KMW)/OC-4 Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Lokakarya Review Program Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Jawa Barat, bekerjasama dengan Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat dan KMP (Konsultan Manajemen Pusat) Advanced Jakarta. Pelaksanaan semiloka dilakukan di aula Diskimrum Provinsi Jawa Barat dikuti oleh seluruh Kepala Satker Pembangunan Infrastruktur Permukiman dan Pejabat Pembuat  Komitmen P2KP Kota / Kabupaten di 26 kota/kabupaten, Bapeda seluruh provinsi Jawa Barat, Perwakilan DPRD Kota/Kabupaten. Dan Alhamdulillah peserta dari 26 kota/kabupaten hadir walaupun tidak seluruhnya datang.
Semiloka Review Program Penanggulangan kemiskinan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Lex Lesmana, dan dihadiri pula oleh Kepala PMU P2KP Pusat, Kepala SNVT-P2KP Pusat, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, para Kepala Dinas/Badan Provinsi Jawa Barat, dan beberapa media surat kabar diantaranya Media Pikiran Rakyat. Sedangkan sebagai panitia penyelenggara/pelaksana adalah Personal OC-4 PNPM Mandiri Perkotaan Provinsi Jawa Barat, Konsultan Manajemen Pusat (KMP) ICDD Pusat, dan Satker SNVT PBL Jawa Barat.
Materi semiloka diantaranya membahas dan mereview program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)  Mandiri Perkotaan wilayah Jawa Barat yang sudah terlaksana sejak tahun 2007 sampai dengan sekarang. Adapun pelaksanaan semiloka diantaranya memaparkan tentang kondisi eksisting program penanggulangan kemiskinan dengan berbagai issue strategis seperti keberhasilan program, permasalahan, termasuk kebijakan program penanggulangan kemiskinan. Pemaparan ini dilakukan di hari pertama setelahnya selesai pembukaan dan berakhir pada jam 17.00 WIB.
Pada hari ke-2 isue-isue strategis yang disampaikan di hari pertama  didiskusikan melalui FGD (Focus Group Discusion) yang dibagi dalam 3 kelompok dengan membahas masing-masing materi. Dan selanjutnya dari hasil diskusi kelompok diplenokan di kelompok besar dan hasil kesepakatan seluruh peserta merekomendasikan beberapa point permasalahan terutama yang menyangkut kebijakan Pemda terhadap program penanggulangan kemiskinan, pendanaan program nangkis, dan sinergitas program nangkis yang disusun masyarakat dengan program nangkis Kota/Kabupaten.
Dari hari pertama ke hari kedua, memang terjadi penurunan peserta namun tidak banyak di hari pertama kurang lebih 70 peserta yang hadir dan  di hari kedua kurang lebih 70% peserta yang hadir.
Penutupan dilakukan pada jam 13.00 dengan ditutup oleh Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat Ir. H. Eddy I.M. Nasution. Dipl. SE. MT, dengan sebelumnya dilakukan pembacaan rekomendasi hasil FGD peserta selanjutnya dokumen rekomendasi diserahkan ke kepala Diskimrum Provinsi Jawa Barat.
Demikian kiranya penyelenggaraan Seminar Lokakarya Review Program Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Jawa Barat dan Alhamdulillah berjalan sesuai agenda yang direncanakan, dan patut kami berbangga hati karena sejak tahun 2007 sampai sekarang baru sekali ini terlaksana lokakarya Program Penanggulangan Kemiskinan di tingkat Provinsi Jawa Barat.

0 komentar:

Posting Komentar